Psikologis-Sosiologis

by

Pemenuhan atas kebutuhan khas remaja itu sesungguhnya mengacu pada pembangunan karakter yang sangat dipengaruhi dua faktor psikologis dan sosiologis. Faktor psikologis akan membawa perkembangan ke arah kesehatan mental remaja sehingga dapat mengambil keputusan dengan kepala dingin. Hubungannya dengan faktor sosiologis tentu saja adalah bagaimana remaja dapat berinteraksi dengan lingkungannya dan berhadapan dengan berbagai peristiwa sosial.

Bila dua hal tersebut telah terbentuk dengan baik, keseimbangan dan kemantapan pribadi remaja akan tercapai. Sehingga remaja dapat lahir menjadi individu yang bahagia, mempunyai hubungan harmonis dengan berbagai pihak, mereka juga akan sangat produktif di masa mudanya. Sebaliknya, bila dua hal tadi tak berjalan seimbang di mana secara psikologis remaja tertekan dan mengalami banyak hambatan, otomatis mereka tidak akan mampu bertahan menghadapi masalah sosial yang lebih tajam. Tak ada hal-hal produktif yang bisa dikerjakan, remaja cenderung akan merusak dirinya saja.

Adanya tujuh macam kebutuhan khas remaja itu secara umum memang ada pada kebanyakan anak muda, tetapi tingkat intensitasnya sangat dipengaruhi oleh latar belakang keluarga masing-masing, faktor sosial, individual, kultural dan religius. Untuk remaja Indonesia, kecenderungan agar mendapat pengakuan sebagai orang yang mampu menjadi dewasa, mendapat perhatian penuh dan kebutuhan akan kasih sayang tampak lebih menonjol dibanding kebutuhan lainnya. Nah, tidak ada langkah lain lagi yang dapat menjadi dasar pemahaman pada remaja kecuali menumbuhkan perhatian juga kasih sayang yang lebih dalam buat mereka.

Tujuh Kebutuhan Khas Remaja ;

– Dapat curahan kasih sayang.
– Dapat diterima dalam kelompok.
– Keinginan dapat mandiri.
– Bisa berprestasi.
– Dapat pengakuan sebagai prestise.
– Dapat dihargai.
– Memperoleh falsafah hidup.

Ingin tambah sukses ?? Ayo gabung peluang usaha warnet, balik modal dalam satu tahun, garansi modal kembali !!!

Tag: , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: